nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

merpati biru



MERPATI BIRU
Novel ini mengisahkan kehidupan seorang mahasiswa yang terjebak menjadi pelacur, rahasia yang disimpan rapat itu kemudian terungkap, dan menjadi perbincangan serta perdebatan di kamous. Dunia mahasiswa yang penuh idealism seakan terusik dan tergoncang. Novel ini juga menghadirkan gugatan atau pernyataan apakah kampus sedemikian sakralnya, hingga tidak bisa menerima fakta sosial yang ada di lingkungannya sendiri ? ataukah kampus bisa secara jernih membedakan antara institusi pendidikan dengan perilaku orang-orang yang berbeda di dalamnya ?
Penulis mengetengahkan sebuah fakta yang terlupakan. Mahasiswa, dosen, rektor, petani maupun menteri, pejabat maupun rakyat, apapun profesi, status sosial dan agamanya,s emua itu adalah manusia. Pada diri manusia tersimpan potensi kejahatan dan kebaikan, positif dan negatif, moral dan a-moral.
Merpati biru telah terjual ribuan eksemplar, mengangkat nama achmad munif menjadi penulis novel yang dikenal dan selalu di tunggu karya-karyanya, kini novel yang pernah menimbulkan kontroversi dalam dunia ssastra indonesia, diterbitkan kembali dengan format baru.
Dalam novel ini tidak hanya moral yang di ajarkan kepada kita namun pengertian dan penghormatan apa yang telah dilakukan seseorang atas hak hidupnya, dan juga jika seseorang ingin berbuat baik tidak selamanya orang yang berbuat salah selama hidupnya akan salah terus, namun disisi Tuhan orang yang berbuat salah masih diampuni dan tidak akan mengulanginya lagi dengan sungguh-sungguh menyesal apa yang telah diperbuat.
Aku dapat banyak pengetahuan setelah baca novel ini, salah satunya adalah jika kita terluka atau sakit hati karna cinta setidaknya jalan yang diambil bukan seperti itu, masih banyak cara untuk bahagia bukan hanya dengan dia mungkin Tuhan merencanakan yang lebih baik dari dia mungjin saja itu sebuah tanda dan peringatan untuk kita.
Merpati biru yang di terbitkan oleh mara pustaka ini sungguh memberi pengetahuan baru pada saya tentang dunia kota dan kampus, sungguh kita harus snagat hati-hati dalam menilih teman karna teman sangat berpengaruh terhadap perjalan hidup kita, dan berfikir dewasa, mungkin tidak hanya Daerah Istimewa Yogyakarta saja.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: