nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

animasi


MENGENAL KARTUN, KOMIK, KARIKATUR, DAN ANIMASI
Kartun
Kartun berasal dari bahasa italia, cartone yang berarti kertas (paper) kertas yang tebal yang memiliki dua jenis gambar dalam bidang seni rupa dan di maknai sebagai sketsa awal untuk karya utuh, dalam bidang jurnalistik dimaknai gambar lucu (www.encyclopedia.com) . sedangkan di indonesia istilah kartun disebut karton dari Bahasa Belanda, kertas tebal.
Sedangkan pengertian kartun adalah sebuah gambar lelucon yang muncul di media massa, yang hanya berisi humor semata, tanpap membawa beban sosial apapun, (Alex, 2003:138). Kartun adalah semua gambar humur termasuk gambar karikatur itu sendiri, karikatur adalah deformasi berlebihan atas wajah seseorang dengan mempercantiknya dan untuk tujuan mengejek, (Alex Sobar, 2003:138).
Dalam ensiklopedia kartun di bagi menjadi dua jenis yaitu :
·         Kartun politik, pertama kali muncul pada abad ke-16 di Jerman sebagai sarana propaganda dengan implikasi sosial, pada abad ke-18 di England sebagai bagian integral dan efektif dari jurnalisme, pada abad ke-19 di Amerika.
·         Kartun nonppolitik, di Tahun 1893 kartun warna pertama kali di tampilkan di New York, dan berkembang dalam format comic strip di majalah.
Karikatur
Menurut ensiklopedia online (www.encyclopedia.com) karikatur merupakan sebuah gambar sindiran/ ejekan, representasi plastis, atau deskripsi melalui eksagerasi (melebih-lebihkan) bentuk alamiyah sehingga subjeknya tanpak lucu. Kartu tidak hanya karikatur saja namnu juga terdapat kartun murni (gag cartoon), kartun animasi, kartun opini (strip cartoon) dan sebagainya.
Karikatur berasal dari kata caricare, berarti foto atau potret seseorang mata dan sebagainya di olah secara berlebihan. (Alex Sobar, 2003:139). Karikatur merupakan produk keahlian dari seorang karikaturis, yang menunjukkan tingkat kemampuannya pada segi pengetahuan, intelektualitas, teknis visualisasi, psikologis, referensi, dan kecermatan pemilihan isu yang tepat dan menarik.
Karikatur adalah bagian dari opini penerbit yang di tuangkan dalam bentuk visual (gambar), awalnya Cuma sebagai selingan namun perkembangannya di jadikan sarana untuk mencapaikan kritikan yang sehat, sama dengan sarana editorial penyampaian opini aktual. Yang harus di perhatikan dalam pembuatan karikatur yaitu : harus informasi dan komunikatif, situasional dengan pengungkapan yang hangat, isu yang tepat, cukup membuat kandungan humor, dan dengan teknis gambar yang bagus. (Alex Sobur 2003:139).
Komik
Komik adalah cerita bergambar dalam majalah, surat kabr, berbentuk buku, mudah di cerna dan lucu. (Alex, 2003:137). Tujuan utama komik adalah menghibur pembaca dengan bacaan ringan, cerita rekaan yang dilukkiskannya relatif oanjang dan tidak selamanya mengangkat isu hangat di masyarakat maupun menyampaikannya nilai moral tertentu.
Jenis-jenis komik yaitu comic strips dan comic books, komic strips merupakan komik bersambung yang di muat pada surat kabar atau majalah. Sedangkan comic books merupakan kumpulan cerita bergambar yang terdiri dari satu atau lebih judul dan tema cerita. (Alex, 2003:137).
Sejarah komik muncul pada daaerah Prancis kuno, pada masa prasejarah di gua Lascaux, prancis selatan, yang di temukan berupa gambar bison jenis banteng dan kerbau Amirika. Di Mesir cerita tentang dewa maut terdapat di kuburan raja Nakhy di tulis di atas kertas papirus kemudian beralih pada kertas mozaik yaitu susunan lempeng batu berwarna.
Sedangkan di indonesia awal munculnya gambar komik dapat dilihat dari ralief candi borobudur (magelang), candi jago (malang), dan candi panataran (blitar) yang menggangkat cerita dan nilai ajaran agama. Sedang di mediai cetak muncul pada Tahun 1930 ketika surat kabar sin Po dalam bentuk komik strips.
Animasi
Kata animasi berasal dari bahasa latin anima yang berarti hidup atau animare meniuokan hidup ke dalam, lalu di alihbahasakan kedalam bahasa indonesia menjadi Animasi yang dalam kamus besar indonesia berarti acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang di gerakkan secara mekanik elektronis sehingga nampak di layar menjadi bergerak. Ilusi gerakan itu terjadi dengan cara menggerakkan secara cepat dan bertahap dari masing-masing objek gambar.
Animasi di mulai pada tahun 1800-an dan alat pendukungan di ciptakan untuk kepentingan animasi seperti teknologi. Sebenarnya animasi merupakan permulaan dari film dan perfileman. Sejarahnya di mulai pada tahun 1824 oleh Peter Mark Roger (inggris) yang mempublikasikan artikel berjudul ‘The Persistance of Vision with Regard to Moving Objects’ ketahanan daya penglihatan terhadap objek yang bergerak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: