nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

web browser


WEB BROWSER
Web brouser merupakan perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan ineraksi dengan dokumen-dokumen yang di sediakan oleh servwe web. Sistem pengaksesan informasi dalam internet yang paling terkenal adalah World Wide Web ( WWW ) atau biasa dikenal dengan istilah Web. Pertama kali diciptakan pada tahun 1991 di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, Jenewa, Swiss. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi  di antara para fisikawan dan para ilmuan.
Web menggunakan protocol yang disebut HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol  ) yang berjalan pada TCP / IP. Adapun pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet.
Macam-macam web browser :
1.      Firefox
Dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. (http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/01/04/macam-macam-web-browser-yang-digunakan-untuk-menjelajah-internet/ )
Kelebihan :
v  Perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
v  Security yang dimiliki lebih handal.
v  Memiliki banyak fitur tambahan (add ons) dan bisa dibongkar atau pasang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
v  Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang bisa mencapai 80 MB.
v  Tampilan sederhana.
Kekurangan :
v  Mozilla Firefox tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing, dan malware.
v  Mozilla Firefox sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.
v  Mozilla Firefox memakan memori yang sangat besar.
v  Fitur built-in untuk mendownload file tidak terlalu bagus.
2.      Opera
Opera adalah Browser dan paket software Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Kelebihan :
v  Terdapat pilihan dalam berbahasa Indonesia dan lebih mudah mengoperasikan.
v  Tidak memakan memori yang besar, ringan saat dijalankan, dan Startup lebih cepat.
v  Kecepatan dalam me-render (memproses) website lebih cepat dari browser lain.
v  Fitur keamanan situsnya lebih lengkap untuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari computer.
Kekurangan :
v  Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
v  Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman.
v  Tidak bisa menerima format tertentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka.
  1. Google Chrome
Chrome merupakan browser pabrikan google, Google melihat kesempatan dari beberapa browser yang ada. Bermodalkan dengan search engine platform yang sudah ada google menciptakan browser yang minimalis dan fokus pada kecepatan jelajah, Chrome dengan dukungan platform google yang sudah ada mampu melakukan proses jelajah yang kompleks dengan cepat, aman dan nyaman.
Chrome membawa misi google, mengembangkan bisnis google oleh karena itu chrome lebih fokus pada speed dan minimalis. Browser ini sangat handal apabila digunakan untuk melakukan task yang kompleks seperti document processor, layanan google online lainnya.
Kelebihan :
v  Google mananamkan opsi “Make Application Shortcut” .
v  Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah.
Kekurangan :
v  Jika kita menginstal dalam versi Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa keanehan ataupun ketidakcocokan antara bahasa yang bersangkutan
v  Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil
4.      Internet Explorer
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice. (http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/01/04/macam-macam-web-browser-yang-digunakan-untuk-menjelajah-internet/).
Kelebihan :
v  Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
v  Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
v  Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.
Kekurangan :
v  Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
v  Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.
(http://andreskeldrak.blogspot.com/2012/01/perbedaan-kelebihan-dan-kekurangan.html#ixzz1nqC77EVH)
5.      Apple Safari
Safari merupakan browser yang dikembangkan oleh apple yang mulanya hanya dikhususkan untuk pengguna MAC OS, namun seiring dengan peluang didunia browser maka safari juga dapat digunakan untuk OS Windows. Seperti produk apple pada umumnya, safari dibuat dengn design yang elegant dan stylish. Safari menjadi salah satu browser yang dikenal luas di para surfer dunia maya.(http://safinnah.wordpress.com/2010/04/20/browsing-internet-enaknya-pake-browser-apa-yach/ 2010).
Kelebihan  :
v  lebih cepat,
v  memiliki tampilan browser yang simple.
kekurangan :
v  tidak tersedianya plug in pada versi windows.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: