nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mailing list


MAILING LIST
Mailing list atau grup diskusi adalah suatu sumber daya di internet yang memungkinkan anggota suatu kelompok berdiskusi emlalui surat elektronis. Dan untuk menjadi anggota cukup mendaftar di mailing list sedangkan untuk keluar hanya perlu mengirim e-mail ke alamat e-mail tertentu.
Untuk mengetahui daftar mailing list, silahkan mengunjungi :
Mailing List merupakan wadah tukar menukar informasi, ide, gagasan dengan menggunakan email di internet, Dengan mailing list seseorang dapat menukar informasi sesama anggota mailing list pada wadah komunikasi tersebut dengan topik yang sama. Dengan mengikuti milis tertentu seseorang dapat menambah pengetahuan, wawasan karena dengan diskusi tersebut melibatkan berbagai orang yang berasal dari berbagai tempat, daerah, profesi dan sebagainya. Seperti halnya sebuah forum diskusi, mailing list memiliki satu orang yang bertindak sebagai moderator. Fungsi moderator ini yaitu menengahi persoalan yang terjadi diantara para anggota, Selain itu moderator memiliki kekuasaan untuk mengatur saat anggota melakukan pembicaraan yang jauh dari tema semula. Lebih tegas lagi moderator berhak untuk mengeluarkan anggota yang dianggap melanggar peraturan yang di buatnya.
teknik dasar mailing list itu seperti majordomo dimana sistem operasi UNIX, majordomo ini lebih sederhana dari pada listserv dalam proses instalasinya dilakukan oleh rekan-rekan dari Computer Network Research Group (CNRG ITB). Dengan menggunakan majordomo ITB merupakan salah satu host mailing list terbesar di Indonesia dengan dengan diskusi yang dilakukan  meliputi beberapa kuliah di ITB, alumni ITB, dari fakultas teknik sampai kedokteran, ekonomi dan pasar modal dan lain sebagainya. Majordomo dan listserv merupakan server mailing list yang mengatur kerja mailing list terutama jika berlangganan secara otomatis.
Yahoo group merupakan layanan gratis dari yahoo dimana semua masyarakat bisa menggunakan dan berkomunikasi dalam group ini, namun group ini juga memiliki batasan dalam group ini yang dinamakan atribut privasi jadi siapa saja yang mau bergabung ke dalam grup ini pastinya masih harus menunggu izin dari administrator, istilah lain dari atribut privasi itu public dimana pengguna dapat bergabung tanpa mendapatkan izin dulu.
Etika dalam menggunakan mailing list yaitu :
v  Hindari penulisan huruf kapital terhadap seluruh pesan karena hal ini dapat diartikan sebagai teriakan.
v  Jangan mengirim penyertaan berkas yang sangat besar, kecuali ketika diminta karena dengan ukuran berkas yang besar dapat menghambat proses pengambilan berkas tersebut.
v  Jika akan menjawab email, kutipan yang di kembalikan ke pengirim semula jangan semuanya hal ini untuk mengantisipasi agar ukuran pesan tidak terlalu besar; hindari penggunaan kata-kata yang pedas (flamming merupakan istilah dalam internet yang menyatakan isi pesan surat yang menyakitkan hati).
v  Hindari kesalahan ejaan ataupun tatabahasa, tidak perlu mengkritik sekiranya terdapat kesalahan pada pesan yang diterima
v  Bacalah FAQ (Frequenty Asked Question) jika baru bergabung dalam sebuah grup diskusi, FAQ atau bisa disebut pernyataan-pernyataan yang sering dilontarkan oleh orang biasanya mencantumkan aturan-aturan yang harus dipenuhi oleh anggota grup diskusi yang ingin berkomunikasi.
Kelebihan mailing list :
v  Berita atau informasi yang up to date.
v  Menerima informasi-informasi yang disiarkan di milis dimana ia menjadi anggota didalamnya.
v  Memudahkan orang untuk berdiskusi mengenai bidang tertentu.
Kekurangan dari mailing list :
v  mailing list kurang praktis.
v  merepotkan setiap harinya pasti akan mendapatkan pesan dari sesama anggota milis yang mengirimkan email.
v  pengguna untuk membuka email yang mana dahulu selain itu jika ingin menjawab suatu pesan harus menyertakan pesan sebelumnya yang di jawab.
v  Adapun jika pengguna jarang membuka email, emailnya dapat mengalami bounching yaitu dimana kapasitas inbox penuh sehingga membuat email baru dan jika email itu penting tidak dapat masuk.
Hubungan mailing list dengan perpustakaan :
Dengan mailing list pemustaka dapat melakukan diskusi
Selain bertukar informasi ataupun dapat menjalin kerjasama melalui mailing list public relation dari perpustakaan proses marketing dan public relation dapat dilakukan secara interaktif dan terus menerus tanpa henti selama 24 jam sepanjang tahun. Dengan seperti itu dapat diharapkan image dan eksistensi perpustakaan  menjadi lebih kuat dan citra perpustakaan menjadi lebih kuat dimata perpustakaan lain maupun dimata pemustaka. Jelas disini bahwa mailing list merupakan media yang bersifat interaktif dan proaktif dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas perpustakaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: