nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

kekuatan huruf jepang

Aneka huruf dan kekuatan huruf
dalam kebudayaan jepang
di mata indonesia
Ada dua hal di jepang yang membuat saya tertarik untuk membahasnya yaitu keberadaan huruf jepang. Pertama, masyarakat mengunakan 4(empat) sistem dalam tulisan di saat bersamaan, yaitu kanji, hiragana, katakana, dan sistem romawi. Tiga yang pertama itu sistem tulisan asli jepang dan masyarakat barat. Alasan kedua, penggunaan hurufnya sangatlah intesdif sekaligus ekstensif. Kemudian tulisan-tulisan itu sangatlah memiliki kekuatan saking kuatnya mereka biasa menulis harapan-harapan pengunjung di salah satu kuil dalam kayu kecil yang di sebut ema (gambar kuda), dan jika tidak sesuai dengan harapan yang di tulis oleh mereka maka tulisan tersebut di gantung salah satu pohon yang yang di sebut omikuji.
Katagori sistem tulisan dimana satu karakter (huruf) mempunyai satu arti tertentu, sementara yang lainnya tergolong pada sistem alfabetis yaitu sistem tulisan dimana satu karakter baru memiliki makna apabila di kombinasikan dengan yang lainnya.
Lalu kemudian ada huruf lain yaitu sistem semantic dan phonemic keduanya terletak pada aspek bunyi dalam sistem ini dalam karakter yang ada dalam kanji tidak dapat dipisahkan dengan dimensi makna, dan sebaliknya alfabetis lebih mudah digunakan untuk menulis bunyi yang tidak mampu ditulis dengan menggunakan kanji.
Sistem tulis hiragana ini adalah sitem tulisan mewakili indentitas masa lalu orang jepang berkait dengan kepercayaan bahwa keturunan cina dan sekarang sudah memiliki bahasa sendiri dan terpisah dengan kebudayaan asal. Dengan seperti itu tulisan kanji merupakan posisi pusat dalam keseluruhan sistem tulisan masyarakat jepang, jadi tulisan kanji adalah dunia makna masyarakat jepang sehingga dengan demikian kanji menempati posisi sebagai “yang ada” (presence) sedangkan tulisan ynag lainnya hanya pada “penggambarannya” (represence). Tulisan kanji juga berfungsi sebagai parameter keberadaan sistem huruf lainnya, dan pada saat bersamaan awal-mula yang ada sserta sebuah pusat sama seperti konsep Tuhan, surga, dan kota suci yang terdapat dalam metolodi agama barat.
Pentingnya kanji juga bisa di lihat pada penggunaan kehidupan sehari-hari orang jepang yang umumnya menggunakan kanji untuk menuliskan nama mereka karna setiap huruf dalam kanji memiliki makna tertentu, di dalam komputer untuk mengetahui dan membaca tulisan karakter jepang itu masih harus di terjemahkan dalam kanji karn ahuruf kanjilah yang di gunakan sebagai penentu akhir dalam proses penerjemahan, dan tentunya hampir semua buku di jepang ditulis dalam huruf kanji karn akanji masih merupakan sistem penulisan paling populer di jepang.
Bahasa jepang tidak sepenuhnya dituliskan hanya dengan menggunakan kanji, oleh karna itu hiragana juga masih di perlukan dalam penyempurnaan sistem tulis kanji. Namun di korea berbeda dengan di jepang sistem tulis hiragana tidak dapay menganti posisi yang di miliki oleh kanji dalam sistem tulis jepang. Walaupun bahasa jepang msih berkembang dan akan selalu berkembang masyarakat juga masih akan mempertahankan posisi kanji, bahkan mereka tidak mau mencampurkan dua sistem tulis tesebut.
Kecendrungan untuk memisahkan dua sistem tulis tersebut masyarakat menciptakan sistem lagi yang di sebut sistem katakana yang berfungsi untuk menulis fenomena bunyi bahasa asing, namun kadang-kadang sistem katakana juga masih digunakan secara bersamaan dengan menggunakan kanji dan hiragana. Tiga sistem tulis itu tetap masih dalam keadaan ter[idah dan tidak akan tercampur, dengan adanya sistem tulis itu maka jelas sudah bahwasannya tulisan jepang menjadi rumit. Di satu sisi seperti ada hubungan hirarkis antara kanji dan sistem lainnya tapi disisi lain tanpak seperti hubungan yang egaliter antar ketiga sistem tersebut, tetapi yang tampak jelas itu yaitu kenyataan bahwa orang-orang jepang dapat bergerak di antaranya tanpa menjadi bingung.
Di setiap dunia pasti memiliki kitab suci masing-masing dimana kitab suci itu adalah tulisan yang di gunakan sebagai alat oleh Tuhan untuk berkomunikasi dengan makhluknya atau masyarakat secara umum, tapi keberadaan kitab suci bukan mendorong untuk merespon Tuhan. Disini Tuhan dibayangkan sebagai seorang yang berkata dan berbicara lalu huruf hanyalah sebuah instrumen yang mewakili kata-kata tersebut sehingga huruf di artikan sebagai kata di bawah lisan atau bunyi bahasa.
Di jepang bukan hanya Tuhan (para dewa) yang menggunaan huruf untuk berkomunikasi dengan manusia, namun sebaliknya masyarakat jepang juga menggunakan huruf untuk berkomunikasi dengan Tuhan (para dewa). Di pinggir jalan dekat salah satu universitas ada tiga patung yang di balut dengan kain putih yang di atasnya masyarakat jepang sekitar menuliskan doa dan harapan mereka atas kebaikan dan keberuntungan kepada para dewa, itu sama dengan ema yang saya paparkan di atas tadi, lain juga dengan omikuji yang berfungsi sebagai jawaban dari para dewa atas surat yang orang-orang tulis. Jika jawaban para dewa negatif dan para dewa menolak doa dan harapan maka mereka akan menempelkan atau mengikat ekrtas tersebut di pohon, dan jika asebaliknya jawaban para dewa positif maka mereka akan mengambil kertas tersebut dan di bawa pulang.
Namun berbeda dengan penggunaan huruf di cina mereka menggunakan huruf sebagai kekuatan ajaib untuk melawan hantu atau roh-roh jahat. Sistem tulisan huruf di cina lemah karna sina hanya memiliki sistem satu tulisan dan itu masih sangat tergantung pada perkembangan dan perubahan lisan, sehinggan sistem tilisan huruf di cina masih mempertahankan fungsi aawal mereka sebagai representasi dari bahasa lisan. Maka dari itu masyarakat jepang memiliki sifat yang sama dengan masyarakat indoensia yaitu lebih memilih bekerja keras untuk menciptakan sistem yang baru terhadap respon dinamika bahasa daripada mencoba melakukan modifikasi.
Jadi, indonesia huruf adalah hal yang keramat dan berdiri terpisah dengan kehidupan masyarakat umum, karna fungsi representasi dari bahasa tidak dapat di pahami oleh masyarakat bahkan pemimpinnya. Oleh karna itu pesan ynag di kandung dalam huruf tidak berfungsi sebagai pemimbing kehidupan masyarakat. Dan juga penggunaan hurut tidak menyebar ke banyak bidang kehidupan rakyat, pengunaan hurufnya hanya ada dalam pengaruh sihir dan bidang-bidang lainny ayng ter kait dengan hubungan antar manusia dan makhluk-makhluk suprnatural. Dan dalam bidang lainnya huruf tidak memiliki otoritas dan kekuatan lagi, kecendrungan inilah yang membedakan masyarakat indonesia dan jepang.
Contoh dalam menunjukkan keterkaitan huruf dan nama adalah nama perempuan kebanyakan menggunakan kata ko yang berarti anak sehinggan maknanya tidak jelas dan bekonotasi dan akan terlihat jelas pada saat penulisan dalam kanji jika persegi berarti laki-lakii dan jika karakternya bundar berarti perempuan.
Derajat sistem jenis huruf, misalnya kanji jenis huruf dan sifat visual dan spasial yang kuat yang di sebut ideografik yang memiliki fungsi yang sama dengan gambar dalam terminology simiotic yaitu kajian tentang sign/ penanda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: