nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BATIK MADURA



Batik madura merupakan salah satu seni atau hasil tangan masyarakat madura, seni rupa anak madura seperti batik yang di tenun itu akan selalu bersifat menonjolkan warna dan memakai benang yang putih yang banyak, keberanian masyarakat madura untuk memadukan warna cerah dan mencolok sangatlah berani seperti warna merah, hitam, hijau lumut, dan putih. Itu semua warna yang mencolok namun bagi orang madura semua warna tersebut adalah warna yang suci dan kramat.
Batik dengan struktur motif membuat pelukis madura seakan semakin mengembangkan karya seninya untuk menampilkan karya kreatif mereka, memang cara kejanya terkesan terburu-buru dan terlihat tidak rapi juga hasilnya kasar. Tetapi dengan seperti itu masyarakat madura bisa menunjukkan karya yang berkarya primitif yang unik. Dan tidak segan-segan untuk menampilkan hewan dalam rancangan modelnya seperti ayam, burung dan binatang laut bahkan di ukir dalam ukiran besar, itulah rancangan batik madura.
Itulah madura yang tidak pernah segan-segan selalu memperpadukan warna merah yang terkesan norak dan selain itu kemaduraannya semakin menonjol.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: