nyoba' ajer ngeblog ca'na pas pangajeren kuliah,mandheren amanfaathe.amin. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Rokat pethik tase’ lobuk sumenep madura





Salah satunya kebiasaan orang madura adalah petik laut (rokat tase’) yang sering di lakukan masyarakat madura yang berada di bibir pantai sebagai penghasilan. contohnya saja di desa lobuk bluto sumenep madura yang mayoritas penduduknya adalah nelayan, dan setiap tahunnya mereka mengadakan ritual yang di namakan rokat tase’ (petik laut), sebelum pelaksanaan jauh-jauh hari mereka telah mempersiapkan berbagai keperluan yang di butuhkan seperti mengecat perahu dan menguras sumur yang berada di bibir pantai yang dinamai dengan sumur dekhai (Sumur Dangkal) dan dipercaya oleh masyarakat mengandung mistik. Inilah yang di lakukan oleh masyarakat lobuk yang di lakukan secara turun temurun dari nenek moyang mereka, kemudian masyarakat lobuk bembuat sumur kecil dan di membersihkan sumur dan membuat perahu kecil atau GHITEK yang terbuat dari pohon pisang, untuk tempat kepala sapi dan sesaji lainnya yang akan di lepas ketengah laut.
Setelah acara pelaksanaan tiba semua masyarakat dan tokoh masyarakat, ulama berkumpul di area sumur Dhekai (dangkal) tersebut mengadakan doa bersama disertai dengan pembacaan maulid nabi dan kemudian mengambil air sumur kemudian mencampurnya dengan kembang/bunga dan dibagikan kepada pemilik perahu untuk disiramkan pada perahu dan alat-alat nelayan lainnya. Setelah doa bersama selesai, barulah acara pelepasan prahu GHITEK yang telah diisi dengan kepala sapi dan sesaji.
Kemudian perahu siap di lepaskan dengan di saksikan oleh beribu-ribu masyarakat lobuk sendiri dan kadang ada yang dari luar hanya untuk menyaksikan ritual masyarakat pinggir desa lobuk itu, dan pastinya mereka memeriahkan acara tersebut semeriah-meriah mungkin tujuannya tak lain agar hasil tangkapan ikan di kemudian hari semakin banyak.
Tak hanya sampai di situ perayaan rokat tase’ itu di selenggarakan, mereka biasanya merayakan dalam waktu 2hari 2malam itupun kadang lebih. Bila petang tiba sepulangnya dari pelepasan perahu ghitek tersebut masih banyak pertunjukan yang masyarakat lobuk selenggarakat seperti ludruk, tandhe’ dan sebagainya.
Jadi, buat anda yang pengen menyaksikan acara tersebut silahkan bertandang ke desa lobuk bluto sumenep madura. Dan jangan biarkan mata anda terpejam, tentunya di bulan maret ini akan di adakan rokat tase’ bagi Anda-Anda yang penasaran seperti apa itu rokat tase’ bergegaslah datang ke pulau garam.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0